ANALISIS PERPUTARAN PIUTANG SEBELUM DAN SESUDAH PERUBAHAN TARIF PADA PDAM KOTA SALATIGA

Authors

  • Sofi Agustina Universitas Tidar
  • Agustina Prativi Nugraheni Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.34128/jra.v3i2.66

Keywords:

accounts receivable turnover, tariff adjustments, PDAM

Abstract

Penelitian ini berguna untuk Analisis Perputaran Piutang Usaha setelah dan sebelum, Setelah Perubahan Tarif di Kota Salatiga. Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dibentuk oleh Pemerintah untuk menyediakan layanan, yaitu distribusi air bersih dari sumur atau mata air ke seluruh wilayah Kota Salatiga. Penyesuaian tarif air merupakan komponen penting dalam mengukur piutang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pencatatan piutang air didasarkan pada jumlah total air yang didebitkan oleh pelanggan dan tarif kelompok pelanggan. Dengan demikian mengakibatkan peningkatan penyesuaian tarif air dapat memperlambat sirkulasi piutang yang terjadi di PDAM Kota Salatiga. Perputaran piutang sebelum mengalami kenaikan tarif 9,51 kali, sedangkan setelah mengalami kenaikan tarif turun menjadi 6,70 kali setiap tahun. Sehingga, perputaran piutang sebelum kenaikan tarif lebih efektif dibandingkan dengan perputaran piutang setelah terjadi kenaikan tarif.

References

Albertus Yp, B. P. (2015). Pedoman SAK-ETAP PDAM. Jakarta: Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI).
Anandasari, Y. (2012). Analisis Dampak Penentuan Tarif Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Erlita ML, I. E. (2017). Analisis Piutang Usaha Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Di Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 357-370.
Euis H, S. I. (2019). Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Tingkat Likuiditas Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja Kabupaten Bandung. Fairvalue: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 13-22.
Istichori, I. P. (2018). Analisis Penentuan Tarif Air Minum Pdam Kabupaten Lamongan Berdasarkan Prinsip Full Cost Recovery. Journal Of Civil Engineering, 10-19.
Iwayan Dyp, I. N. (2013). Analisis Perubahan Penggunaan Air Minum Sebelum Dan Setelah Kenaikan Tarif PDAM Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, 1-6.
Juheri. (2009). Analisa Penentuan Tarif Air Minum PDAM Kota Palangka Raya. 1-9.
Mawiti Iy, I. A. (2020). Analisis Perubahan Penggunaan Air Bersih Sebelum Dan Sesudah Terjadi Kenaikan Tarif PDAM Di Kabupaten Bangli. Jurnal Teknik Pengairan, 22-30.
Niputu La, I. P. (2013). Analisis Tingkat Perputaran Piutang Dagang Pada Pt. Tirta Mumbul Jaya Abadi Periode 2010 – 2012. Vokasi Jurnal Riset Akuntansi, 236-248.
Pemerintah, I. (2006). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Pedoman Teknis Dan Tata Cara Pengaturan Tarif Air Minum Pada Perusahaan Daerah Air Minum. Jakarta: Menteri Dalam Megeri.
Putri Eh, R. R. (2018). Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Toko Mulia Gordyn. Stim Sukma.
Saefi K, A. S. (2015). Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Kinerja Perusahaan Studi Pada Pt. Jaindo Metal Industries. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 96-121.
Widodo, W. (2015). Analisis Kebijakan Tarif Air PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Jawa Barat. Skripsi.

Downloads

Published

2020-12-29