KETERTARIKAN MINAT MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI

Authors

  • Tiara Diva Permata Universitas Stikubank Semarang
  • Pancawati Hardiningsih Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.34128/jra.v6i2.162

Keywords:

Cost of Education, Socio-Economic Status, Motivation, Student Interest

Abstract

Abstract

This study aims to determine the effect of educational costs, socioeconomic status and motivation on the interest in choosing an undergraduate accounting study program. This type of research is quantitative research using primary data and distributing questionnaires via the Google form. The population in this study were students of the S1 Accounting study program at tertiary institutions who had accreditation A in the city of Semarang. The sample in this study were students of the S1 accounting study program for the 2019-2022 period who were still active. The sampling method used was purposive convenience sampling and a total of 119 students were obtained. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis. The results of the study show that educational costs and motivation have a positive and significant effect on students' interest in choosing an undergraduate accounting study program, while socioeconomic status has no effect on students' interest in choosing an undergraduate accounting study program.

References

Abdulsyani. (2012). Sosiologi Skematik, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Agustina, R., & Afriana, R. A. (2018). Pengaruh Mb, Pb, Sseot, Dan Lts Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi S1 Akuntansi Pada Siswa Smk Swasta Di Banjarmasin. In DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Vol. 11, Issue 1).

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior.

Ajzen, iI. iand iFishbein, iM. i(2005). iThe iinfluence iof iattitudes ion ibehavior. iIn iAlbarracin, iD., iJohnson, iBT., iZanna iMP. i(Eds), iThe ihandbook iof iattitudes, iLawrence iErlbaum iAssociates.

Amaliya, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fe Uny.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Ariyani, M., & Jaeni, J. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik. Owner, 6(1), 234–246. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.624

Ayu Afina, N., & Soesatyo, Y. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Prestasi Akademik Terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Unesa (Vol. 7, Issue 1).

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Denziana, A., & Febriana, R. F. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Lamapendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untukmengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). JURNAL Akuntansi & Keuangan, 8(2), 57–66.

Dewi, P. M. U., & Kresnandra, A. A. N. A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi Memilih Profesi Sebagai Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi, 29(1), 173. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i01.p12

Endah Wahyuning Tyas, N., Maryono, & Ali Ma, M. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk berkarier di Kantor Akuntan Publik. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 2022. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Evanti Andriani, & Helmy Adam. (2012). Pengaruh Biaya Pendidikan, Latar Belakang Sosial Ekonomi, Motivasi Dan Reputasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Memilih Prodi S1 Akuntansi Perguruan Tinggi Di Malang.

Fahmi, iFahira, iYannefri iBakhtiar, iAmiruddin iSaleh, iAbdul iFat-Han iIsmail, iSang iAyu iMade iSri iTandewi, iFazrina iAndriani iSakinah iLubis, iDevi iNur iFaddhila iSilitonga, iet ial. I(2020). i“Pengaruh iStatus iSosial iEkonomi iOrang iTua iTerhadap iTingkat iPendidikan iAnak.” iJurnal.Ipb.Ac.Id2 i(6): i996–1002.

Ghozali, iI. i(2018). iAplikasi iAnalisis iMultivariate idengan iProgram iSPSS. iBadan iPenerbit iUniversitas iDiponegoro, iSemarang.

Haikal, F., Idrus, M., & Samirah Dunakhir, dan. (2020). Faktor-faktor yang Memengaruhi Pemilihan Program Studi Akuntansi (Studi pada mahasiswa Universitas Negeri Makassar). In Bata Ilyas Journal of Accounting (Vol. 1, Issue 1).

Harahap. (2004). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan Pada Politeknik LP3I Medan.

Hardiningsih, P., Srimindarti, C., Khanifah, K., & Yunianto, A. (2021). Accounting Career Interests: A Structural Approach. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1247–1262. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no2.1247

Hasana, Sumarno, & Indrawati. H. (2018). The Effect Of Parents’ Socio-Economic Status On Students Achievement Of Entrepreneurship Subject At SMK Telkom Pekanbaru. In Jom Fkip-Ur (Vol. 5).

Hastuti, I. L., & Kasmari. (2022). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Liberro Indonesia Surabaya.

Ika Leni Wijayani, D., Sanjaya Kusno, H., Ismawanto, T., & Akuntansi Politeknik Negeri Balikpapan, J. (2022). Issue 3 (2022) Pages 522-531 INOVASI: Jurnal Ekonomi. Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 522. https://doi.org/10.29264/jinv.v18i3.11716

Inayah, & Ratnawati, D. (2022). Motivasi Karir, Lama Pendidikan,Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 313–323.

Indrawati, iH. i(2018). iTHE iEFFECT iOF iPARENTS’ iSOCIO-ECONOMIC iSTATUS iON iSTUDENTS iACHIEVEMENT iOF iENTREPRENEURSHIP iSUBJECT iAT iSMK iTELKOM iPEKANBARU. iIn iJOM iFKIP-UR i(Vol. i5).

Kurniawan, D. A., & Nugroho, P. I. (2021). Minat Mahasiswa Akuntansi Feb UKSW untuk Mengikuti Ujian Sertifikasi Chartered Accountant (CA). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(2), 237–245.

Leri, P. N., Santi, E., & Rosita, I. (2022). Pengaruh Minat, Dukungan Orang Tua dan Citra Kampus terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang (Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi D-III dan D-IV Akuntansi Politeknik Negeri Padang). https://akuntansi.pnp.ac.id/jabei

Naradiasari, N. S., & Wahyudi, D. (2022). Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat, dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Keputusan Pemilihan Berkarir Dibidang Perpajakan. Owner:Riset&JurnalAkuntansi, 6(1), 99–110. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.622

Nasution, iThamrin i& iMuhammad iNur. I(1986). iPeran iOrang itua idalam iMeningkatkan iPrestasi iBelajar iAnak. iJakarta: iGunung iMulia

Nora, iA. i(2004). iThe iRole iof iHabitus iand iCultural iCapital iin iChoosing ia iCollege, iTransitioning iFrom iHigh iSchool ito iHigher iEducation, iand iPersisting iin iCollege iAmong iMinority iand iNonminority iStudents. iJournal iof iHispanic iHigher iEducation, i3(2), i180–208. ihttps://doi.org/10.1177/153819270 i4263189

Nurlan, iAndi iBesse. i2011. iPersepsi iAkuntan idan iMahasiswa iJurusan iAkuntansi iTerhadap iKode iEtik iIkatan iAkuntan iIndonesia. iSkripsi iUniversitas iHasanuddin, iMakassar. i(tidak idipublikasikan).

Mulyadi.2016.Akuntansi iBiaya iEdisi iKe-5 iCetakan iSebelas.Unit iPenerbit idan iPercetakan iSekolah iTinggi iIlmu iManajemen iYKPN:Yogyakarta

Pangestu A, & Bagana, D. B. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investasi Generasi Milenial di Kota Semarang. JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS.

Prihatini, P. A., & Rachmawati, N. A. (2020). Pengaruh Motivasi, Efektivitas Pembelajaran Mata Kuliah Perpajakan Dan Kesempatan Kerja Di Bidang Perpajakan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Berkarir Di Bidang Perpajakan. E- PROCEEDING .

Rivandi, M., & Kemala, E. R. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas. In Bisnis Dharma Andalas (Vol. 23, Issue 1).

Srimindarti, C., Sunarto, & Wahyu Widati, L. (2015). The Effects Of Locus Of Control And Organizational Commitment To Acceptance Of Dysfunctional Audit Behavior Based On The Theory Of Planned Behavior. International Journal of Business, Economics and Law, 7(1).

Sugahara, S., & Boland, G. (2006). Perceptions of the certified public accountants by accounting and non-accounting tertiary students in Japan. Asian Review of Accounting, 14(1–2), 149–167. https://doi.org/10.1108/13217340610729518

Susanto, iA. i(2013). iTeori iBelajar idan iPembelajaran idi iSekolah iDasar. iKencana.

Uno, iH. iB. i(2014). iTeori iMotivasi idan iPengukurannya: iAnalisis idi iBidang iPendidikan. iBumi iAksara.

Widiyani, N. L. I. A., & Badera, I. D. N. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Masa Studi Pada Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk. E-Jurnal Akuntansi, 29(1), 188. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i01.p13

Wijaya, iBondhan iKresna. i2010. iCara iCerdas iPilih iJurusan iDemi iProfesi iImpian. iYogyakarta: iJogja iGreat iPublisher.

Downloads

Published

2023-12-09