DETERMINASI NILAI PERUSAHAAN: UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI KONSUMSI PRIMER YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2020 - 2022
DOI:
https://doi.org/10.34128/jra.v7i3.366Keywords:
Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, ProfitabilitasAbstract
This inquiry aims to comprehend and evaluate the impact of corporate scale, leverage, and profitability on the valuation of entities in the primary consumption industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange (ISE) from 2020 to 2022. The population for this investigation comprises 369 firms in the primary consumption industry sector registered on the BEI during the specified period. A sample of 291 firms was selected through purposive sampling for analysis. Multiple linear regression analysis was utilized as the method for data examination in this research. Findings reveal that corporate valuation correlates positively with leverage and profitability, whereas corporate scale exerts a negative influence.
References
Afifawati, Nisrina., Dkk. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of March Management Research, 4(1), 100-113.
Dewantari, Ni Luh., Dkk. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Beverages Di BEI. Jurnal Prospek 1(2), 74-83.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Hidayat, Imam., Khusnul Khotimah. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Periode 2018-2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan 10(1), 1-8.
Hidayat, Wastam. (2019). Pengaruh ukuran perusahaan, return on equity dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di indonesia. E-Journal FEB Unmul 21(1), 67-75.
Kristianti, Lucia Evalina., Jonnardi. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi 4(2), 550-559.
Nurminda, Aniela., Deannes, I., & Annisa N. (2017). Pengaruh Proitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Proceeding of Management, 4(1).
Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas , Leverage , dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149–157.
Putra, Rafi Dima., Rilla Gantino. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Manajemen 11(1), 81-96.
Putra, Sendy Andika., Dewi Urip Wahyuni. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Semen Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmu dan Riset Manajamen 10(5), 1-19.
Rachmawati, Dwi., & Dahlia, B. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Equity, 18(1), 1-18.
Rivandi, Muhammad., Berta Agus Petra. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman. Jurnal Inovasi Penelitian 2(8), 2571-2580.
Rudangga, I Gusti N., Gede, Merta S. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4394-4420.
www.idx.co.id
www.idnfinancials.com
www.bi.go.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Felicia Septiana Gunawan, Cahyani Nuswandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.