STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL (SMALL BUSINESS) DI KALANGAN GEN Z BERDASARKAN NILAI – NILAI EKONOMI SYARIAH

Authors

  • Gita Olivia Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Muhammad Iqbal Fasa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Suharto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Keywords:

Strategi Pengembangan, Usaha Kecil, Generasi Z, Nilai-Nilai Ekonomi Syariah

Abstract

Usaha kecil (small business) adalah suatu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh perseorangan atau rumah tangga maupun suatu badan dengan tujuan untuk memproduksi barang atau jasa yang diperniagakan secara komersial dan mempunyai pendapatan atau omzet sebesar Rp. 1.000.000.000,00 atau kurang. Pengembangan Usaha Kecil salah satu prioritas dalam pembangunan perekonomian nasional. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha kecil di kalangan Generasi Z yang berdasarkan Nilai-nilai Ekonomi Syariah sehingga nantinya, diharapkan hasil resume penelitian ini dapat dijadikan suatu konsep dan model bagi para pelaku usaha kecil lainnya. Penelitian yang dilakukan berupa deskriptif menggunakan studi pustaka dan meresume dari hasil riset yang telah dilakukan sebelumnya. Dari hasil penelitian di ketahui bahwa dalam strategi pengembangan kegiatan usaha kecil dapat menerapkan Nilai – nilai Ekonomi Syariah (Ketuhanan, Kepemilikan, Keseimbangan, Keadilan, dan Persaudaraan)

References

al-Ma, L. (1987). luf, al Munjid fi al Lughah wa al A’lam. Baeirut: Dar al Masyriq.

Badan Pemeriksa Keuangan. (1998). PP No. 32 Tahun 1998 tentang Pembinaan Dan Pengembangan Usaha Kecil [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/55038

Badan Pusat Statistik. (2013). Statistik UMKM Tahun 2012–2013. https://www.bps.go.id/subjek/view/id/9

Badan Pusat Statistik. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html

Bank Indonesia. (2018). Nilai - Nilai dan Prinsip Dasar Ekonomi Syariah. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/Nilai-Nilai-dan-Prinsip-Dasar-Ekonomi-Syariah.aspx

Beik, I. S., & Arsyianti, L. D. (2019). Ekonomi pembangunan syariah. PT RajaGrafindo Persada.

Cilliers, E. J. (2017). the Challenge of Teaching Generation Z. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 3(1), 188–198. https://doi.org/10.20319/pijss.2017.31.188198

Ciputra, I. (2013). CIPUTRA QUANTUM LEAP (Vol. 1). Elex Media Komputindo.

Dhewanto, W. (2015). Manajemen Inovasi untuk usaha kecil dan mikro (Cetakan Ke). Alfabeta.

Gustiawati Mukri, S. (2014). Langkah Strategis Optimalisasi Sistem Ekonomi Syariah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 1(1). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v1i1.1521

Hutamy, E. T., Marham, A., Naila, A., Azisah, Q., Arisah, N., Hasan, M., Ekonomi, P., Ekonomi, F., & Makassar, U. N. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z ( Analysis of the Canvas Model ’ s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z ). 1(1), 188–198.

Insider, B. (2019). Generation Z latest characteristics, research, and facts. Retrieved from Business Insider: Https://Www. Businessinsider. Com/Generation-Z.

Liana, L. (2008). Struktur, Memperkokoh Nasional, Perekonomian. Pembinaan Dan Pengembangan Usaha Kecil Sebagai Sarana Memperkokoh Struktur Perekonomian Nasional, 15(2), 98–106.

Maulana, F. (2019). Pendidikan Kewirausahaan dalam Islam. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 30–44.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosadakarya.

Mustaqim, Y. (2019). Membangun Entrepreneurship Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 2(2), 58–78.

Oblinger, D. and others. (2003). Understanding the new students. Educause Review, 38(4), 37–47.

Otoritas Jasa Keuangan. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Pages/Undang-Undang-Republik-Indonesia-Nomor-20-Tahun-2008-Tentang-Usaha-Mikro,-Kecil,-dan-Menengah.aspx

Poláková, P., & Klímová, B. (2019). Mobile technology and generation Z in the English language classroom – A preliminary study. Education Sciences, 9(3), 1–11. https://doi.org/10.3390/educsci9030203

Qaradhawi, Y. (1995). Peran dan Nilai Moral dalam perekonomian. Jakarta: Rabbani Press.

Shihab, M. Q. (2008). Berbisnis dengan Allah: Bisnis Sukses Dunia Akhirat. Lentera Hati Group.

Szymkowiak, A., Melović, B., Dabić, M., Jeganathan, K., & Kundi, G. S. (2021). Information technology and Gen Z: The role of teachers, the internet, and technology in the education of young people. Technology in Society, 65(May). https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101565

Tulgan, B. B. (2013). Gen-Z-Whitepaper.

Turner, A. (2015). Generation Z: Technology and Social Interest. The Journal of Individual Psychology, 71, 103–113. https://doi.org/10.1353/jip.2015.0021

Downloads

Published

2021-12-30