PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM (STUDI KASUS USAHA PETERNAKAN AYAM PETELUR DI DESA WATUMEA KECAMATAN ERIS)

Authors

  • Sintia Korompis Politeknik Negeri Manado
  • Raykes Tuerah Politeknik Negeri Manado
  • Joseph Tangon Politeknik Negeri Manado
  • Deisi Malonda Politeknik Negeri Manado

Keywords:

SAK EMKM, laporan keuangan, UMKM

Abstract

Dengan diterbitkannya Standar Akuntansi Keuangan bagi badan usaha mikro, kecil, dan menengah oleh Ikatan Akuntan Indonesia, UMKM dapat menyajikan laporan keuangan yang transparan, akuntabel, dan efisien. Usaha peternakan ayam petelur merupakan salah satu usaha UMKM yang membutuhkan laporan keuangan yang baik. Dengan adanya laporan keuangan peternakan ayam petelur, maka dapat lebih mudah untuk mendapatkan pembiayaan dari bank atau lembaga keuangan lainnya untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM (Studi Kasus Usaha Peternakan Ayam Petelur di Desa Watumea Kecamatan Eris). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa kendala sehingga proses pencatatan akuntansi tidak berjalan dengan baik, antara lain keterbatasan waktu dan pengetahuan pencatatan akuntansi. Hasil penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada usaha peternakan ayam petelur di desa Watumea berupa laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, dan catatan atas laporan keuangan.

References

Bougie, S. d. (2016). Research Methods for Business. Edisi 7. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.

Gunanto, D. S. (2015). Peranan Laporan Keuangan dalam rangka Memberdayakan dan Mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Akuntansi dan Pajak Vol.16 No. 01 Hal. 111

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Indonesia, I. A. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo.

Khusnaini, R. d. (2018). Cegah Bangkrut dengan Handphone. Jakarta: Edu Pustaka.

Mariani, K. S. (2017). Financial Management Canvas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rohman, R. N. (2019). Analisis Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Tahun 1997-2017.

Sugiono. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Warsadi, d. (2017). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah pada PT. Mama Jaya. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Volume 8 No. 2, 2017.

Downloads

Published

2021-12-30