ANALISIS KINERJA DOSEN AKUNTANSI DALAM MENGAJAR TERHADAP MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT MENGGUNAKAN METODE TREND

Authors

  • Muhammad Shapiq Gautama Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Insan Kamil Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Neng Ayu Rahmawati Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.34128/jra.v3i1.41

Keywords:

Kinerja, Dosen, Kuesioner, Metode Trend, Kenaikan dan Penurunan

Abstract

Kegiatan evaluasi kinerja dosen merupakan rutinitas suatu perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas internal secara berkelanjutan. Untuk mengetahui kerangka pencapaian suatu misi dalam organisasi yang baik, haruslah selalu diadakan evaluasi secara terus menerus. Evaluasi tersebut haruslah dilakukan dengan cara mengukur kinerjanya sehingga aktivitas atau kegiatan dosen dapat dimonitor secara berkala atau periodic. Kinerja dosen harus dinilai agar kita mengetahui kualitas dari dosen tersebut. Agar mahasiswa dapat menimba ilmu pada dosen tersebut lebih banyak dan tertata. Penelitian ini menggunakan metode analisis Trend yang mana terdapat 13 dosen program studi akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut. Metode analisis Trend merupakan suatu metode yang dapat mengetahui kenaikan dan penurunan objek yang akan diteliti ataupun dapat meramalkan kondisi data dimasa yang akan datang. Hasil penelitian dari analisis terdapat beberapa dosen yang mengalami kenaikan ataupun penurunan dalam proses mengajar, dari segi kenaikan tersebut dikarenakan dosen tersebut mampu mencairkan suasana dan mudah dalam penyampaian materi dan dari segi penurunan yaitu dosen tersebut kurang bisa dalam mencairkan suasana sehingga terkadang mahasiswa tersebut bisa mengantuk. Oleh sebab itu, dosen harus bisa mencairkan suasana sehingga mahasiswa dapat menerima apa yang dijelaskan.

References

Hamzah, H., Mudjihartono, P., & Sutoyo, S. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan MEtode Balanced Scorecard (Studi Kasus : Universitas Respati Yogyakarta). Seminar Nasional Informatika, 82-90.
Hartama, D., & Hartono. (2016). Analisis Kinerja Dosen STIMIK IBBI Dengan Menggunakan Metode Rough Set. Saminar Nasional Teknologi Informatika dan Multimedia , 49-52.
Pangihutan, F. L., & Simamora, S. C. (2019). Evaluasi Kinerja Kenuangan dengan Metode Komparatif dan Trend pada PT. Angkasa Pura I (persero) periode 2012-2016. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Unsurya, IV, 51-71. doi:10.35968
Permanasari, R., Setyaningrum, R. M., & Sundari, S. (2014). Model Hubungan Kompetensi Profesionalisme dan Kinerja Dosen. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan, I, 157-174.
Permatasari, I. K. (2019). Analisis Trend penjualan dengan Metode Least Square pada Apotek Swasta Surabaya. Jurnal Mitra Manajemen, 283-298.
Priatna, A. (n.d.). Hubungan Pengembangan profesionalisme dan Kinerja Dosen dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. 1-11.
Razak, Y., Syah, D., & Hsb, A. A. (2016). Kepemimpinan, Kinerja Dosen dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1, 30-44.
Sestri, E. (2013). Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode AHP Studi Kasus di STIE Ahmad Dahlan Jakarta. Jurnal Liquidity, II, 100-109. doi:10.32546
Fauzi, A. (2016). Analisis Trend Kinerja Pengajaran Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Mulai Tahun 2010 s.d 2015. Jurnal Ilmiah Econosains, 14, 1–19.

Downloads

Published

2020-06-29