FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION TO USE PENGGUNAAN SOFTWARE AKUNTANSI PADA UMKM

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.34128/jra.v5i2.130

Kata Kunci:

Perceived ease of use, Perceived usefulness, Attitude toward using, Behavioal intention to use

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mengenai pengaruh penggunaan software akuntansi terhadap perilaku untuk tetap menggunakan pada UMKM di Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Blitar. Menggunakan rumus Slovin, sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 400 reponden. Metode analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisa jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perceived ease of use dan perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap attitude toward using penggunaan software akuntansi di UMKM Kabupaten Blitar, perceived ease of use dan perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap behavioal intention to use penggunaan software akuntansi di UMKM Kabupaten Blitar, dan attitude toward using berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention to use penggunaan software akuntansi di UMKM Kabupaten Blitar

Referensi

Adhiputra, W. M. (2015). Aplikasi Technology Acceptance Model Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 2(1), 52–63.

Ahmad, P. S. B. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Layanan Internet Banking BRI). Jurnal Studi Manajemen, 8(1), 1–11.

Bahri, S. (2016). Pengantar Akuntansi. CV Andi Offset.

Bangkara, R. P., Putu, N., & Harta, S. (2016). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use Pada Minat Penggunaan Internet Banking Dengan Attitude Toward Using Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16, 2408–2434.

Chawla, D., & Joshi, H. (2019). Consumer Attitude and Intention to Adopt Mobile Wallet in India–An Empirical Study. International Journal of Bank Marketing, 37(7), 1590–1618.

Chemingui, H., & Ben Lallouna, H. (2013). Resistance, Motivations, Trust and Intention to Use Mobile Financial Services. International Journal of Bank Marketing, 31(7), 574–592.

Cholifah, R. N. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Trust Terhadap Intention to Use (Studi Kasus Pengguna Dana Pada TIX ID di Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan).

Cudjoe, A. G., Anim, P. A., & Nyanyofio, J. G. N. T. (2015). Determinants of Mobile Banking Adoption in the Ghanaian Banking Industry: a Case of Access Bank Ghana Limited. Journal of Computer and Communications, 3(02), 1.

Destiana, B. (2012). Analisis Penerimaan Pengguna Akhir Terhadap Penerapan Sistem E-Learning Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di SMAN 1 Wonosari. Skripsi.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 2. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, W. P. P., & Harsono, M. (2016). Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Komputerisasi Kegiatan Pertahanan. Jurnal Economica, 12, 13–22.

Hariyo, S. (2013). Analisis Penggunaan Elena Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Berdasarkan Pendekatan Technology Acceptance Model Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Skripsi.

Indarsin, T., & Ali, H. (2017). Attitude toward Using m-Commerce: The Analysis of Perceived Usefulness Perceived Ease of Use, and Perceived Trust: Case Study in Ikens Wholesale Trade, Jakarta–Indonesia. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2, 995–1007.

Leon, S. (2018). Service mobile apps: a millennial generation perspective. Industrial Management & Data Systems. 118(9), 1837–1860.

Martani, Dwi, et al. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah (Edisi 2). Salemba Empat.

Nainggolan, K. (2014). Pengantar Akuntansi. Universitas Medan Area.

Naufaldi, I. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use , Perceived Usefulness , dan Trust terhadap Intention To Use. II(3), 715–722.

Omotayo, F. O, & Adebayo, A. K. (2015). Factors Influencing Intention to Adopt Internet Banking by Postgraduate Student of the University of Ibadan, Nigeria. Journal of Internet Banking and Commerce, 20(3).

Putra, I. S. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap User Intention to Use Melalui Perceived Usefulness Pada Penggunaan E-Learning Dengan Aplikasi Moodle di Perguruan Tinggi.

Rahayu, A. G. (2013). Pengaruh Teknologi Informasi (Pendekatan Technology Acceptance Model) dan e-filling terhadap User Satisfaction (Survey pada Wajib Pajak Badan di Wilayah KPP Madya Bandung). Skripsi Universitas Komputer Indonesia.

Rahman, P. (2013). Pengantar Akuntansi 1 Pendekatan Siklus Akuntansi. Salemba Empat.

Regita, A., Santoso, T., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Bisnis, F., & Siwalankerto, J. (2020). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness dan Attitude Towards Using Terhadap Behavioural Intention to Use Pada Aplikasi OVO. 8(1).

Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi : Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan Adaptasi IFRS. Erlangga.

Santoso, B. (2013). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Enjoyment Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi (Studi Empiris di Kabupaten Sragen).

Setiawan, N., Nurhadi, M., Djuwito, & Diptyana, P. (2018). Analisis Perilaku Penggunaan Learning Management System. Spirit Pro Patria, IV(34), 138–153.

Setyawati, R. E. (2020). Pengaruh Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use Terhadap Behavioral Intention to Use Dengan Attitude Towards Using Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Gopay di Kota Yogyakarta). Jurnal Ekobis Dewantara, 3(1), 39–51.

Veronica, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Faktor Sosial dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Billindo Utama di Kota Batam.

Widyapraba, E., Susanto, T. D., Herdiyanti, A., Informasi, J. S., Informasi, F. T., Teknologi, I., Nopember, S., Arief, J., Hakim, R., & Indonesia, S. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Pengguna Untuk Menggunakan Aplikasi Daftar Onine Rumah Sakit ( Studi Kasus : RSUD Gambiran Kediri ).

Yadav, R., & Pathak, G. S. (2017). Determinants of Consumers’ Green Purchase Behavior in a Developing Nation: Applying and Extending the Theory of Planned Behavior. Ecological Economics, 134, 114–122.

Yuliani, Budiman, A., & Dewi, M. S. (2016). Generasi Y dan Adopsi Terhadap Internet Banking pada Nasabah di Indonesia Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Wawasan Manajemen, 4(3), 231–245

Diterbitkan

2022-12-18