MENAKAR ADOPSI CLOUD-BASED ACCOUNTING PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DENGAN COMPUTER SELF-EFFICACY, COMPUTER ANXIETY DAN PERCEIVED ENJOYMENT SEBAGAI FAKTOR DETERMINAN
DOI:
https://doi.org/10.34128/jra.v6i1.139Kata Kunci:
Computer Self-Efficacy, Computer Anxiety, Perceived Enjoyment, Behavioral Intention, Cloud-Based AccountingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara 1) computer self-efficacy terhadap behavioral intention, 2) computer anxiety terhadap behavioral intention, 3) perceived enjoyment terhadap behavioral intention adopsi cloud-based accounting pada UMKM. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, dimana objek yang menjadi penelitian ini ialah UMKM yang berlokasi di Kota Denpasar dan telah menggunakan cloud-based accounting. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden. Data yang didapatkan dianalisis melalui teknik analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji signifikansi simultan (uji F) dan uji secara parsial (uji t) melalui software IBM SPSS 24.0. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa masing-masing dari computer self-efficacy dan perceived enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention, sedangkan computer anxiety memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap behavioral intention adopsi cloud-based accounting pada UMKM.
Referensi
Ajao Owolabi, S., Ufuoma Izang, J., owolabis, J., & juliaizang, babcockedung. (2020). Cloud Accounting And Financial Reporting Qualities Of Smes In Nigeria: An Overview Cloud Accounting And Financial Reporting. International Journal of Research Publication (IJRP.ORG) Sunday Ajao Owolabi, 60(1), 60. www.ijrp.orgWeb:http://ijrp.org/paper-detail/1412http://ijrp.org/paper-detail/1412
Akbar, F. S., & Hidajat, R. S. (2020a). Minat Mahasiswa Akuntansi Menggunakan Software Accounting Sebagai Implementasi Keunggulan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Dinamika Administrasi : Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 3(2), 50–62.
Akbar, F. S., & Hidajat, R. S. (2020b). Minat Mahasiswa Akuntansi Menggunakan Software Accounting Sebagai Implementasi Keunggulan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 3(2).
Cahyani, B. E. (2019). ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH.
Davis, F., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1992). Extrinsic and Intrinsic Motivation to Use Computers in the Workplace’. In Journal of Applied Social Psychology (Vol. 22).
Dimitriu, O., & Matei, M. (2015). Cloud Accounting: A New Business Model in a Challenging Context. Procedia Economics and Finance, 32, 665–671. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)01447-1
Fatwitawati, R. (2018). Pengelolaankeuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Air Putih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Sembadha.
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Intention and Behavior: An introduction to theory and research. Addison-Wesley Publishing Company.
Khanom, T. (2017). Cloud Accounting: A Theoretical Overview. IOSR Journal of Business and Management, 19(06), 31–38. https://doi.org/10.9790/487x-1906053138
Kustina, K. T. (2018). MSMEs Credit Distribution and Non-Performing Loan towards Banking Companies Profit in Indonesia. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH). https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.72
Liao, S., Hong, J. C., Wen, M. H., Pan, Y. C., & Wu, Y. W. (2018a). Applying Technology Acceptance Model (TAM) to explore Users’ Behavioral Intention to Adopt a Performance Assessment System for E-book Production. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10), 1–12. https://doi.org/10.29333/ejmste/93575
Liao, S., Hong, J.-C., Wen, M.-H., Pan, Y.-C., & Wu, Y.-. (2018b). Applying Technology Acceptance Model (TAM) to explore Users’ Behavioral Intention to Adopt a Performance Assessment System for E-book Production. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10). https://doi.org/10.29333/ejmste/93575
Nengsih, T. A., Orinaldi, M., & Nurwahid, Y. (2022). Kesenjangan UMKM pada Pengelolaan Keuangan: Studi di Kota Jambi. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 78. https://doi.org/10.33087/eksis.v13i2.299
Nur Sarfiah, S., Eka Atmaja, H., & Marlina Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Riset Ekonomi Pembangunan, 4(1). https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Nurhasanah, S., Setiaji, B. W., Saputra, B., & Darni. (2022). Penerapan Aplikasi Akuntansi Ukm Pada Perusahaan/Umkm. Jurnal Ilmu Siber, 1(5).
Nuzulia, F., Supriadi, E., & Derriawan. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi User Acceptance Terhadap Implementasi Enterprise Resource Planning Menggunakan Model UTAUT (Studi Pada Pt Angkasa Pura I (Persero). Ekobisman, 5(2), 2597–9302.
Nuzulia, F., Supriyadi, E., & Derriawan. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi User Acceptance Terhadap Implementasi Enterprise Resource Planning Menggunakan Model Utaut. ( Studi Pada Pt Angkasa Pura I (Persero).
Panjaitan, J. M. P., Timur, R. P., & Sumiyana, S. (2021). How does the Government of Indonesia empower SMEs? An analysis of the social cognition found in newspapers. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 13(5), 765–790. https://doi.org/10.1108/JEEE-04-2020-0087
Permana, G. P. L., & Widihastarini, I. A. (2023). Analisis Kesesuaian Tugas dan Teknologi pada Pengambilan Keputusan pada Bank Perkreditan Rakyat Berdasarkan Virtual Meeting Menggunakan Model Modified Task Technology Fit. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 22(1). https://doi.org/10.32639/fokbis.v22i1.118
Pudianti, A., Herawati, A., & Purwaningsih, A. (2018). FAKTOR KREATIVITAS DALAM PENGEMBANGAN MODEL INKUBATOR BISNIS DI ERA DIGITAL. Bisma : Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 145–155. https://journal.unesa.ac.id/index.php/bisma/index
Purnomo, M. (2011). Jurnal Dinamika Manajemen ADOPSI TEKNOLOGI OLEH USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. JDM, 2(2), 109–117. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm
Sarosa, S., & Zowghi, D. (2014). Strategy for Adopting Information Technology for SMEs: Experience in Adopting Email within an Indonesian Furniture Company. Electronic Journal of Information Systems Evaluation, 6(2). www.ejise.com
Setiawan, A., Praptiningsih, P., & Matondang, N. (2020). Studi Literatur tentang Cloud Accounting. EQUITY, 23(2), 189–200. https://doi.org/10.34209/equ.v23i2.2236
Sholihah, P. I. (2021). Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro (Studi pada Nasabah Bank X Malang). 1(1). www.seknasfitra.org
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia, 11(1).
Sumarsono, D. (2016). Sistem Perekonomian Negara-negara Di Dunia. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 16(2).
Tho To, A., & Hong Minh Trinh, T. (2021). Understanding Behavioral Intention to Use Mobile Wallets in Vietnam: Extending the TAM Model with Trust and Enjoyment. Cogent Business & Management, 8, 1891661. https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1891661
To, A. T., & Trinh, T. H. M. (2021). Understanding behavioral intention to use mobile wallets in vietnam: Extending the tam model with trust and enjoyment. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1891661
Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology acceptance model 3 and a research agenda on interventions. Decision Sciences, 39(2), 273–315. https://doi.org/10.1111/j.1540-5915.2008.00192.x
Widiyasari, R., & Achadiyah, B. N. (2019a). Computer Anxiety, Computer Self-Efficacy dan Perceived Usefulness oleh Pelaku UMKM. Jurnal Akuntansi Aktual, 6(1), 203–214.
Widiyasari, R., & Achadiyah, B. N. (2019b). Computer Anxiety, Computer Self-Efficacy dan Perceived Usefulness oleh Pelaku UMKM. Jurnal Akuntansi Aktual, 6(1).
Winarno, W. A., Mas’ud, I., & Palupi, T. W. (2021a). Perceived Enjoyment, Application Self-efficacy, and Subjective Norms as Determinants of Behavior Intention in Using OVO Applications. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1189–1200. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no2.1189
Winarno, W. A., Mas’ud, I., & Palupi, T. W. (2021b). Perceived Enjoyment, Application Self-efficacy, and Subjective Norms as Determinants of Behavior Intention in Using OVO Applications. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1189–1200. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no2.1189
Yun, Y., & Sung, J. (2010). Toward a More Robust Usability concept with Perceived Enjoyment in the context of mobile multimedia service. In Jieun Sung & Younghwa Yun International Journal of Human Computer Interaction (Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/228375028
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Gusi Putu Lestara Permana, I Gusti Kadek Anggiriska Dwiyanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.