PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN PLATFORM DIGITAL BERBASIS E-MARKETPLACE PADA PENGELOLAAN PRODUK KOPI DI KABUPATEN SEMARANG

Penulis

  • Dina Yeni Martia Politeknik Negeri Semarang
  • Kenneth Pinandhito Politeknik Negeri Semarang
  • Budi Prasetya Politeknik Negeri Semarang
  • Suharmanto Suharmanto Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.34128/jra.v6i1.141

Kata Kunci:

E-Marketplace, MSMEs, Online

Abstrak

Perkembangan teknolog ijinformasi telah membawa era perekonomian kreatif baru yang berbasis digital. Kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat ini juga didukung oleh kemajuan layanan internet yang digunakan dalam berbagai keperluan salah satunya untuk keperluan bisnis dan perdagangan, salah satu pemanfaatan internet dalam keperluan bisnis dan perdagangan adalah pemanfaatan berbagai media pemasaran yang ada, seperti marketplace. Kelompok Petani kopi di Kab. Semarang, mereka masih memasarkan produknya secara sederhana dengan cara menjualnya secara langsung ke tengkulak ataupun di titipkan ke warung-warung terdekat sehingga pemasaran akan produk kopi masih sebatas lokal dan sedikit yang mengetahui. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka perlu dibangun sistem Platform Digital Berbasis E-Marketplace guna memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM Kelompok Petani Kopi. Penelitian ini menggunakan pendekatan observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatu sistem informasi pemasaran berbasis digital agar dapat lebih memperluas penjualan.

Referensi

BR Betti Dame Hutauruk, Jimmy Febrianus Naibaho, "Analysis and Design of an Android-Based Batak Souvenir Marketplace Application," J. Method., vol. 3, no. 1, pp. 242–246, 2017.

Basole, RC, and Karla, J. (2011). On the evolution of mobile platform ecosystem structure and strategy. Business & Information Systems Engineering, 3(5), 313.

Darwis, D., Wahyuni, D., & Dartono, D. (2020). Accounting Information System for Processing Petty Cash Funds Using the Imprest Method at Pt Sinar Sosro Bandarlampung. Journal of Technology and Information Systems, 1(1), 15–21.

de Reuver, M., Sørensen, C., and Basole, RC (2018). The digital platform: a research agenda. Journal of Information Technology, 33(2), 124–135.

Hanninen, M., and Paavola, L. (2020). Digital platforms and industry change. In Society as an interaction space (pp. 213–226). Springer.

Hidayat, AN, Iskandar, D., & Nofiyati, N. (2021). Web Based Rental Marketplace Information System With Laravel Framework. Journal of Computer Science and Informatics, 1(2), 75-98.

K. Laudon and C. Traver, E Commerce 2017 13th Edition, London: Pearson Education, 2017.

Kendall, KE and Julie E. Kendall. 2003. System Analysis and Design. Translated Edition. PT Intan Sejati : Klaten.

Li, Q., & Chen, YL (2009). Data flow diagrams. In Modeling and Analysis of Enterprise and Information Systems (pp. 85-97). Springer, Berlin, Heidelberg.

Marlinda, Linda, Database System, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.

Nugroho, B. 2004. Dynamic Web Programming Applications with PHP and MySQL. Yogyakarta : Gava Media.

Parker, GG, Van Alstyne, MW, and Choudary, SP (2016). Platform revolution: How networked markets are transforming the economy and how to make them work for you. WW Norton & Company.

Rahmadi, Management Information System, Jakarta: Rajawali, 2016.

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H. & Hendriyanto, A. 2016. Digital SME Development Strategy in Facing the Free Market Era. Indonesian Journal of Management: 16(2): 136-147.

Spagnoletti, P., Resca, A., and Lee, G. (2015). A design theory for digital platforms supporting online communities: a multiple case study. Journal of Information technology, 30(4), 364–380.

YAB Raharjo, FEN Saputro, ME Pratiwi, TA Lorosae, R. Ardhani, F. Sumanto, F. Fitriadi and E. Utami, "E-Marketplace Software Requirements Engineering for Coffee Carts," Journal of Information Systems and Information Technology, vol. 6, no. 1, pp. 21 - 30, 2017

Diterbitkan

2023-06-18