PENGARUH FAKTOR FINANCIAL DAN NON FINANCIAL TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER

Penulis

  • Fadilla Rahma Maylani Politeknik Negeri Padang
  • Josephine Sudiman Politeknik Negeri Padang
  • Randy Heriyanto Politeknik Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.34128/jra.v7i1.304

Kata Kunci:

underpricing, BEI, IPO

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dampak faktor financial dan faktor non financial yang dapat menimbulkan terjadinya fenomena underpricing. Metode yang diadopsi dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian mencakup semua perusahaan yang melakukan initial public offering dalam rentang waktu antara tahun 2016 dan 2022. Sampel dipilih melalui metode purposive sampling dengan jumlah sebanyak 98 perusahaan. Analisis statistik dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara individu net profit margin, total asset turnover dan ownership retention menimbulkan pengaruh negatif pada underpricing, sedangkan current ratio, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan tidak menimbulkan pengaruh pada underpricing. Secara bersama-sama, current ration, net profit margin, total asset turnover, ownership retention, umur perusahaan dan ukuran perusahaan menimbulkan pengaruh pada underpricing.

Biografi Penulis

Fadilla Rahma Maylani, Politeknik Negeri Padang

Department of Accounting

Referensi

Djaelani, Y., Zainuddin, & Muliati. (2021). Pengaruh Informasi Keuangan dan Informasi Non Keuangan Terhadap Initial Return di Bursa Efek Indonesia. Accounting Profession Journal, 4(1), 28–48. https://doi.org/https://doi.org/10.35593/apaji.v4i1.38

Iqbal, M. K. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Pada Saat IPO Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2019-2021. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1049–1062. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25105/jet.v2i2.14758

Isynuwardhana, D., & Febryan, F. V. (2022). Factors Affecting Underpricing Level during IPO in Indo- nesia Stock Exchange 2018 - 2019. The Indonesian Accounting Review, 12(1), 87–98. https://doi.org/https://doi.org/10.14414/tiar.v12i1.2660

Kuncoro, H. B., & Suryaputri, R. V. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Umum Perdana. Jurnal Akuntansi Trisakti, 6(9), 213–234. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25105/jat.v6i2.5573

Lukman, S. A., & P, T. K. (2023). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Reputasi Underwriter Dan Jenis Industri Terhadap Underpricing Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan IPO Di BEI Pada Tahun 2020-2021. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 1(4), 40–54.

Ng, M., Saragih, A. D., & Chandra, J. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Pada Perusahaan yang Melakukan Initial public offering di BEI Tahun 2017-2021. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 52–63. https://doi.org/https://doi.org/10.35145/procuratio.v11i1.2914

Partama, I. G. N. A., & Gayatri. (2019). Analisis Determinan Underpricing Saham di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 26(3), 2293–2323. https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i03.p23

Purwanti, & Siregar, E. I. (2018). Analisis Faktor yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Underpricing Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 1996-2015. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 14–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/jieb.v15i1.1025

Renita, & Harori, M. I. (2021). Pengaruh Total asset turnover, Debt to Equity Ratio (DER), Ukuran Perusahaan, Nilai Tukar Rupiah, dan IHSG Terhadap Terjadinya Tingkat Underpricing Saham. Jurnal Perspektif Bisnis, 4(5), 23–37.

Saefudin, & Gunarsih, T. (2020). Apakah Faktor Eksternal Memprediksi Underpricing Lebih Baik Dibandingkan Faktor Internal? Studi Initial Publik Offering di BEI Tahun 2009-2017. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas SAM Ratulangi, 7(3), 35–51.

Sundarasen, S. D. D. (2019). Institutional Characteristics, Signaling Variables and IPO Initial Returns. PSU Research Review, 3(1), 29–49. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/PRR-10-2016-0003

Taolin, M. L., & Safitri, J. (2020). The Role of Duality Managerial Ownership and Boards on IPO Value (An Emprirical Evidence of Indonesian Firms). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 162–179. https://doi.org/https://doi.org/10.33633/jpeb.v5i2.3631

Tyas, D. T., Diana, N., & Junaidi. (2023). Analisis Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan yang Mempengaruhui Underpricing saat Initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2017-2021. E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 12(1), 218–231.

Utami, S. D., Toha, A., & Sisbintari, I. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Perusahaan yang Melakukan Penawaran Saham Perdana Periode 2020-2021. Jurnal Strategi Dan Bisnis, 10(2), 157–170. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jsb.v10i2.34052

Wijaya, A. A. (2023). Analysis of The Influence of Profitability, Company Size, Company Age, and Underwriter’s Reputation on The Underpricing of Stocks During The IPO on IDX 2010-2020 Period. Asian Journal of Economics and Business Management, 2(1), 438–445. https://doi.org/https://doi.org/10.53402/ajebm.v2i1.285

Wildahayu, M. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Initial Return pada Perusahaan yang IPO di BEI Tahun 2015-2017. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8, 1–15.

Diterbitkan

2024-03-21