STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JENANG PASCA PANDEMI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM PADA CV. MUBAROKFOOD CIPTA DELICIA
DOI:
https://doi.org/10.34128/jra.v7i2.305Kata Kunci:
Development Strategy, Jenang Business, SWOT Matrix, and QSPM AnalysisAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan pendekatan studi kasus deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha pasca pandemi Covid-19 pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan Matriks IFE, EFE, CPM, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil total skor tertimbang IFE sebesar 2,789 dan total skor tertimbang EFE sebesar 3,358. Total skor berdasarkan CPM sebesar 3,413 menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi yang paling unggul. Hasil analisis Matriks IE berada pada kuadran II (grow and build) dengan menghasilkan strategi integrasi dan strategi intensif yang selanjutnya diolah menggunakan Matriks SWOT dan menciptakan delapan alternatif strategi. Strategi yang paling sesuai dengan kondisi perusahaan berdasarkan QSPM adalah menjaga kualitas dan meningkatkan inovasi produk melalui kerja sama dengan pemasok untuk mencapai kepuasan konsumen dengan nilai TAS sebesar 6,691.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Vilda Innaka Nasya, Siti Arbainah, Ardian Widiarto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.