PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Penulis

  • Sukmawati Dewi Universitas Esa Unggul
  • Barlia Annis Syahzuni Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.34128/jra.v7i3.397

Kata Kunci:

Nilai Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

Abstrak

Tujuan penelitian untuk menguji hubungan antara kepemilikan manajerial, profitabilitas dan ukuran perusahaan dengan nilai perusahaan pada sektor consumer non-cyclical yang terdaftar dan aktif di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penggunaan desain penelitian kausalitas pada penelitian ini untuk mencari hubungan sebab dan akibat. Metode regresi data panel diperoleh sampel 69 data observasi yang menggabungkan data cross-section dari 23 perusahaan dengan data time-series selama tiga tahun sejak 2020 sampai tahun 2022. Data pada penelitian diolah menggunakan alat analisis statistik. Model terbaik Random effect terpilih dari hasil uji chow, uji hausman dan uji lagrange multiplier telah lulus uji asumsi klasik. Olah data memberikan hasil bahwa secara parsial kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terbukti tidak mampu memberikan pengaruh signifikan pada nilai perusahaan. Sedangkan untuk variabel profitabilitas mampu memengaruhi nilai perusahaan dengan arah yang positif. Hasil penelitian diharapkan bisa membantu perusahaan dalam menjaga faktor-faktor yang mampu mengoptimalkan nilai perusahaan dan membantu investor mempertimbangkan faktor-faktor yang relevan dalam keputusan berinvestasi.

Referensi

Adiputra, i. G., & hermawan, a. (2020). The effect of corporate social responsibility, firm size, dividend policy and liquidity on firm value: evidence from manufacturing companies in indonesia. International journal of innovation, creativity and change, 11(6), 325–338.

Agustiningsih, w., & septiani, n. D. (2022). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Fair value: jurnal ilmiah akuntansi dan keuangan, 5(3), 1433–1440. Https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i3.2465

Anggraini, c., & agustiningsih, w. (2022). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan. Jurnal ilmiah mea (manajemen, ekonomi, dan akuntansi), 6(2), 1842–1859.

Aripin, a. A. N., & handayani, s. (2020). Pengaruh economic value added, earning per share debt to total asset ratio dan asset growth terhadap nilai perusahaan. Jca ekonomi, 1(1), 126–134.

Bahraini, s., endri, e., santoso, s., hartati, l., & pramudena, s. M. (2021). Determinants of firm value: a case study of the food and beverage sector of indonesia. Journal of asian finance, 8(6), 839–847. Https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no6.0839

Dentika, l., djabir, m., & teri. (2022). Menyelisik nilai perusahaan (f. Rahma (ed.); pertama). Pustaka aksara.

Dewayani, p., & febyansyah, a. (2022). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jacfa: journal advancement center for finance and accounting, 2(3), 394–412.

Fadrul, budiyanto, & asyik, n. F. (2023). Kinerja keuangan dan nilai perusaahaan: ditinjau dari peran struktur kepemilikan dan corporate social responsibility (d. Winarni (ed.); pertama). Cv. Eureka media aksara.

Hendrani, a., & septyanto, d. (2021). The effect of return on asset, debt to equity ratio and company size on company value in manufacturing companies in the food and beverage sub-sector on the idx for 2014-2018. Kne social sciences, 2021, 681–693. Https://doi.org/10.18502/kss.v5i5.8851

Hermawan, a., & putri, r. T. (2015). Nilai perusahaan dan kebijakan dividen (pertama). Mer-c publishing. Http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52246

Husna, a., & satria, i. (2019). Effects of return on asset, debt to asset ratio, current ratio, firm size, and dividend payout ratio on firm value. International journal of economics and financial issues, 9(5), 50–54. Https://doi.org/10.32479/ijefi.8595

Indrawati, i. (2020). Akuntansi keuangan lanjutan (a. Dinarjito (ed.)). Politeknik keuangan negara stan.

Jensen, m. C., & meckling, w. H. (1976). Theory of the firm: managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of financial economics, 3(4), 305–360. Https://doi.org/10.1016/0304-405x(76)90026-x

Juhandi, n., fahlevi, m., abdi, m. N., & noviantoro, r. (2019). Liquidity, firm size and dividend policy to the value of the firm (study in manufacturing sector companies listed on indonesia stock exchange). Advances in economics, business and management research, 100, 313–317. Https://doi.org/10.2991/icoi-19.2019.53

Komalasari, d. N., & yulazri, y. (2023). Pengaruh pengungkapan likuiditas, solvabilitas, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Scientific journal of reflection: economic, accounting, management and business, 6(2), 470–479. Https://doi.org/10.37481/sjr.v6i2.670

Kusumawati, e., & setiawan, a. (2019). The effect of managerial ownership, institutional ownership, company growth, liquidity, and profitability on company value. Riset akuntansi dan keuangan indonesia, 4(2), 136–146. Https://doi.org/10.23917/reaksi.v4i2.8574

Mappadang, a. (2021). Managerial ownership, leverage, profitability on corporate value: an interactive effect in indonesia stock exchange. Widyakala journal, 8(2), 54–60. Https://doi.org/10.36262/widyakala.v8i2.443

Margono, f. P., & gantino, r. (2021). The influence of firm size, leverage, profitability, and dividend policy on firm value of companies in indonesia stock exchange. Copernican journal of finance & accounting, 10(2), 45–61. Https://doi.org/10.12775/cjfa.2021.007

Murti, a. U., & purwaningsih, e. (2022). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Fair value: jurnal ilmiah akuntansi dan keuangan, 5(2), 1012–1019.

Napitupulu, r. B., simanjuntak, t. P., hutabarat, l., damanik, h., harianja, h., sirait, r. T. M., & tobing, c. E. R. L. (2021). Penelitian bisnis : teknik dan analisa data dengan spss - stata - eviews. In madenatera (1st ed., vol. 1). Madenatera.

Ningrum, e. P. (2022). Nilai perusahaan (konsep dan aplikasi) (kodri (ed.); pertama). Penerbit adab. Http://repository.ubharajaya.ac.id/20169/1/nilai perusahaan.pdf

Pangestuti, d., muktiyanto, a., geraldina, i., & darmawan, d. (2022). Role of profitability, business risk, and intellectual capital in increasing firm value. Journal of indonesian economy and business, 37(3), 311–338. Https://doi.org/10.22146/jieb.v37i3.3564

Purba, j. T., & africa, l. A. (2019). The effect of capital structure, institutional ownership, managerial ownership, and profitability on company value in manufacturing companies. The indonesian accounting review, 9(1), 27–38. Https://doi.org/10.14414/tiar.v9i1.1619

Putra, r. D., & gantino, r. (2021). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal bisnis dan manajemen, 11(1), 81–96. Https://doi.org/http://doi.org/10.15408/ess.v11i1.20338

Putri, a., & syahzuni, a. (2023). Pengaruh struktur modal, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. El-mal: jurnal kajian ekonomi & bisnis islam, 5(1), 983–993. Https://doi.org/10.47467/elmal.v5i1.5108

Putri, s. W., & ramadhan, y. (2020). Pengaruh kebijakan dividen, leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Jca ekonomi, 1(1), 64–77. Https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jeco/article/view/54

Rachmat, a., & suleiman, r. S. (2022). Pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan penerapan e-commerce terhadap nilai perusahaan. Jacfa: journal advancement center for finance and accounting, 02(03), 255–281. Https://journal.jacfa.id/index.php/publish/article/view/26

Rahayu. (2020). Kinerja keuangan perusahaan. Penerbit program pascasarjana universitas prof. Moestopo (beragama).

Sakinah, i., & hendrani, a. (2022). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Fair value: jurnal ilmiah akuntansi dan keuangan, 5(5), 2173–2180.

Saputri, d. R., & bahri, s. (2021). The effect of leverage, profitability, and dividend policy on firm value. International journal of educational research & social sciences, 2(6), 1316–1324. Https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i6.223

Setianingtiyas, s., & gantino, r. (2022). Pengaruh profitabilitas, struktur modal dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Sintama: jurnal sistem informasi, akuntansi dan manajemen, 2(2), 205–215. Www.kemenperin.go.id

Setiawati, s. (2023). Lebaran di depan mata, saham konsumer kok malah loyo? Cnbc indonesia. Https://www.cnbcindonesia.com/market/20230411154114-17-429010/lebaran-di-depan-mata-saham-konsumer-kok-malah-loyo

Spence, m. (1973). Job market signaling. The quarterly journal of economics, 87(3), 355. Https://doi.org/10.2307/1882010

Subramanyam, k. R., & wild, j. J. (2010). Analisis laporan keuangan. Salemba empat.

Sudiyatno, b., puspitasari, e., suwarti, t., & asyif, m. M. (2020). Determinants of firm value and profitability: evidence from indonesia. Journal of asian finance, economics and business, 7(11), 769–778. Https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no11.769

Sulistyanto, s. (2018). Manajemen laba: teori dan model empiris (a. Listyandari (ed.); cetakan ii). Penerbit pt grasindo.

Syahyono, s. (2020). The effect of managerial ownership and institutional ownership on the value of manufacturing companies. Fair value: jurnal ilmiah akuntansi dan keuangan, 2(2), 364–370. Https://doi.org/https://doi.org/10.32670/fairvalue.v2i2.1194

Syahzuni, b. A., & edwani, v. M. (2023). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan modal kerja terhadap nilai perusahaan. Fair value: jurnal ilmiah akuntansi dan keuangan, 5(11).

Syahzuni, b. A., & muslimah, b. D. (2023). Pengaruh kebijakan dividen, struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Fair value: jurnal ilmiah akuntansi dan keuangan, 5(12).

Tarigan, f. A. B., wahyudi, i., & ramdani, m. (2023). Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan sektor food & beverage bei tahun 2019-2022. Jiip - jurnal ilmiah ilmu pendidikan, 6(11), 9538–9546. Https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2824

Tylova, j. B., & nyale, m. H. Y. (2023). Analisis profitabilitas, likuiditas, struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Reslaj: religion education social laa roiba journal, 5(5), 2936–2949. Https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i5.3543

Vidi, y. T., & ramadhan, y. (2023). Pengaruh profitabilitas, solvabilitas, dan inflasi terhadap nilai perusahaan. Reslaj: religion education social laa roiba journal, 5(5), 2920–2935. Https://doi.org/10.47476/reslaj.v5i5.3519

Wati, l. N. (2019). Model corporate social responsibility (csr) (momon (ed.); pertama). Myria publisher.

Yulianti, v., & ramadhan, y. (2022). Pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal ilmiah indonesia, 7(3), 1386–1399.

Yulisa, c. F., & wahyudi, i. (2023). Pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2018-2021. Jurnal publikasi ilmu ekonomi dan akuntansi, 3(1), 53–61. Https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jupea.v3i1.580

Yusra, i., hadya, r., begawati, n., istiqomah, l., afriyeni, & kurniasih, n. (2019). Panel data model estimation: the effect of managerial ownership, capital structure, and company size on corporate value. Journal of physics: conference series, 1175(1), 1–7. Https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012285

Diterbitkan

2024-12-10