UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT

  • Hamidah Hamidah Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan perpustakaan di
Politeknik Negeri Tanah Laut dan untuk menentukan upaya yang tepat dalam meningkatkan kualitas pelayanan
perpustakaan di Politeknik Negeri Tanah Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
LibQual+™ yaitu suatu metode untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yang
dijadikan indi kator pengukuran yaitu Affect of service (Sikap dan kemampuan petugas dalam melayani
pemustaka), Information Control (Ketersediaan koleksi dan kemudahan akses informasi) dan Library as Place
(Perpustakaan sebagai sebuah tempat). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kualitas layanan