LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA ANGGARAN PADA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN KABUPATEN TANAH LAUT

Authors

  • Eni Suasri Politeknik Negeri Tanah Laut

Keywords:

analisis kinerja anggaran, analisis horizontal, analisis vertikal

Abstract

Laporan realisasi anggaran adalah laporan yang menyajikan komponen laporan keuangan pemerintah yang terdiri dari pendapatan, belanja, surplus atau defisit, dan pembiayaan entitas pelaporan anggaran masing-masing dalam satu periode. Laporan realisasi anggaran bertujuan untuk mengetahui perbandingan atas anggaran yang didapat dengan realisasi anggaran yang pada akhir periode sehingga dapat dinilai kinerja anggaran institusin berjalan maksimal atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidak kinerja anggarannya pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanah Laut tahun 2017-2019. Hasil penelitian menggunakan metode analisis horizontal, dan analisis vertikal yang menyatakan bahwa pendapatan asli daerah pada bagian pendapatan retribusi daerah dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah serta belanja operasi dinyatakan tidak efektif dengan rata-rata nilai dibawah 60% yaitu 21% dan -10%, sedangkan belanja modal dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata nilai diatas 100% yaitu 324%.

References

Asoka, R. (2019). Analisis Efektifitas Realisasi Anggaran Belanja Modal Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Musi Bayuasin. Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah, 2.

Manopo, N., Debby Ch Rotinsulu, & Sri Murni. (2019). Analisis Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah, 2.

Nusarifa, S., & Putri Irmawati. (2018). Analisis Kinerja Anggaran Belanja Pada Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2012-2016. Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 1.

Oktavina, D. (2017). Analisis Pendapatan Asli Dearah dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Rangka Otonomi Daerah. Jurusan Ekonomi Pembangunan.

Rondonuwu, R. H., Jantje J. Tinangon, & Novi Budiarso. (2015). Analisis Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pendapatan Daerah Kabupaten Minahasa. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 3.

Rustamunadi, & Dewi Juni Andini. (2018). Analisis Rasio Laporan Keuangan Model Horizontal dan Vertikal PT Sun Life Financial Indonesia Syariah Tahun 2013-2017. 4.

TaTinambunan, A. P. (2017). Analisis Vertikal dan Horizontal Terhadap Laporan Keuangan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan.

Waney, C. K., David P.E Saerang, & Stanley W. Alexander. (2018). Analisis Realisasi Anggaran Untuk Menilai Efektivitas dan Efisiensi Kinerja Pemerintah Di Dinas Pertanian Dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2021-12-30