PENGARUH DIGITAL BANKING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN
Studi Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
DOI:
https://doi.org/10.34128/jra.v3i2.50Kata Kunci:
Digital Banking, Nilai, BankAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah melihat dan menganalisis pengaruh dari digital banking terhadap laba perusahaan perbankan dengan studi pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk selama tahun 2013 – 2019. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dimana data diolah menggunakan regresi linier berganda. Metode pengumpulan data adalah observasi non partisipan dengan mengambil data dari laporan keuangan. Hasil penelitian ditemukan bahwa peningkatan jumlah transaksi keuangan dengan menggunakan Digital Banking yaitu SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking secara parsial tidak berpengaruh terhadap peningkatan laba, hal ini di mungkinkan karena adanya ketidaknyamanan dan keraguan nasabah didalam penggunaan Digital Banking, sedangkan secara simultan hasil penelitian ini menunjukan hasil yang berpengaruh tidak signifikan, artinya secara keseluruhan Digital Banking berpengaruh walaupun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
Referensi
Allen, F., McAndrews, J., & Strahan, P. (2002). E-finance: An introduction. In Journal of Financial Services Research. https://doi.org/10.1023/A:1016007126394
Anugerah Septiawan, B. (2013). Pengaruh Aplikasi Internet Banking Dankesehatan Bank Terhadap Kinerja Keuangan(Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia).
Egan, R., & Prawoto, H. (2013). Pengaruh Internet Banking Terhadap Kinerja Perbankan di Indonesia (Studi Empiris Pada Bank yang Listing di BEI). Jurnal Akuntansi Bisnis, 11(22), 138–153. https://doi.org/10.24167/jab.v11i22.419
Khrawish, H. A., & Al-Sa’di, N. M. (2011). The Impact of E-Banking on Bank Profitability: Evidence from Jordan. Middle Eastern Finance and Economics, 0(13), 142–158.
Margaretha, F. (2015). Dampak Electronic Banking. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 19(3), 514–524.
Onay, C., Ozsoz, E., & Helvacıoğlu, A. D. (2008). The impact of Internet-Banking on Bank Profitability- The Case of Turkey. 2008 Oxford Business &Economics Conference Program.
Sinambela, E., Studi Akuntansi, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2017). Forum Keuangan Dan Bisnis Indonesia (FKBI) When Fintech Meets Accounting : Opportunity and Risk Pengaruh Penyediaan Layanan Internet Banking Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan di Bursa Efek Indonesia (Vol. 6). FKBI. http://fkbi.akuntansi.upi.edu/
Sudaryanti, D. S., Sahroni, N., & Kurniawati, A. (2018). Analisa Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kinerja Perusahaan Sektor Perbankan Yang Tercatat Di Bursa Efek. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(November), 96–107.
Keldaniaz. (2020, Mei 3). SMS Banking - Pengertian dan Manfaatnya. Diakses dari http://keldaniaz.blogspot.com
Shihan Bank. (2020, Juni 1). Pengertian Mobile Banking. Diakses dari https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-mobile-banking