ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DI LAZIS JATENG CABANG SOLO

  • LINA LUTFIANA IAIN Surakarta
  • Ihwani Mukharomatul Putri Institut Agama Islam Negeri Surakarta
  • Anisa Nuril Fajriyah Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Informasi Akuntansi di Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Jawa Tengah cabang Solo. Dengan pendekatan kualitatif, peneliti melakukan analisis terhadap data dan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Objek penelitian ini adalah Sistem Informasi Akuntansi di LAZIS Jateng cabang Solo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi di Lazis Jateng cabang Solo diproses menggunakan sistem Silazisku. Adanya sistem Silazisku membuat bagian keuangan dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih mudah. Dengan menginput data dan informasi dalam sistem Silazisku pengolahan akan secara otomatis dilakukan oleh sistem dan menghasilkan output berupa laporan yang menyajikan data dan informasi keuangan, sehingga bagian keuangan tidak perlu melakukan pengolahan data dengan melakukan perhitungan satu per satu secara manual untuk membuat laporan yang menyajikan data dan informasi keuangan. Ini menunjukkan adanya sistem Silazisku dapat meningkatkan efisiensi dalam bekerja.

References

Abral, E., Anwar, & Harianto, S. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Di Kota Lhokseumawe. Prosiding Seminar Nasional ASBIS 2016 Politeknik Negeri Banjarmasin, 81–99.
Andarwati, M. (2016). Desain sistem informasi dan laporan keuangan pada organisasi nirlaba, 1.
Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Empat. Yogyakarta: Unit Penerbitan dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Kwarteng, A., & Aveh, F. (2018). Empirical Examination of Organizational Culture on Accounting Information System and Corporate Performance. Meditari Accountancy Research, 26(4), 675–698.
Nurromlah, Yuri Rahayu, L. S. R. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Dan Penyaluran Donasi Pada Dpu-Dt. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 2(1), 2.
Paulus, A. (2016). Fungsi Sistem Informasi Akuntansi atas Pengendalian Internal Pendapatan (Studi Kasus pada Rumah Sakit Siloam Manado), 4(4), 922–931.
Romney, Marshall B., Paul John Steinbart. (2014). Sistem Informsi Akuntansi. Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
Susanto, A. (2017). Analisis dan Perencanaan Sistem Informasi Akuntansi. Universitas Padjajaran.
Published
2020-06-29
How to Cite
LUTFIANA, LINA; PUTRI, Ihwani Mukharomatul; FAJRIYAH, Anisa Nuril. ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DI LAZIS JATENG CABANG SOLO. Jurnal Riset Akuntansi Politala, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 25-33, june 2020. ISSN 2656-7652. Available at: <http://jra.politala.ac.id/index.php/JRA/article/view/47>. Date accessed: 21 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.34128/jra.v3i1.47.